Gejala Kerusakan Pada Rem Mobil

Semua software & modul otomotif telah di UPDATE! & SIAP DOWNLOAD :)
Gejala Kerusakan Pada Rem Mobil-Kenali gejala kerusakan pada rem mobil anda.
Piranti ini sangatlah penting sekali, ibarat kata pepatah sedia payung sebelum hujan, jangan sampai menyesal kemudian.
Ada beberapa gejala yang bisa dijadikan patokan menurunnya kemampuan rem.
Coba perhatikan sambil mengemudi.
Berikut adalah beberapa gejala kerusakan pada rem mobil :

Gejala Kerusakan Pada Rem Mobil1. Getar.

Pada saat diinjak terasa getaran pada pedal rem dan makin parah ketika ditekan pada kecepatan tinggi. Hati-hati! Hal ini disebabkanoleh permukaan
Discbrake atau tromol rem yang sudah tidak rata lagi.Cara mengatasinya adalah dengan mencoba bubut cakram atau tromol.Biasanya pembubutan dilakukan mulai dari ketebalan 0.5-1.5mm yang dianggap aman. Biaya bubutnya pun bervariasi antara Rp 100-300 ribu.Akan tetapi kalau kondisinya memang sudah parah atau goresan pada permukaannya sudah terlalu dalam, lebih baik mengganti komponennya.Lebih baik kita mengeluarkan uang ratusan ribu dari pada nyawa kita terancam akibat rem tidak berfungsi.

2. Mengganjal.

Maksudnya adalah injakan terasa berat atau keras dan kadang mengeluarkan bunyi mendesis. Pada umumnya mobil modern sudah menggunakan
Booster untuk memperingan injakan pedal. Kalau berat berarti permasalahan ada di bagian
Booster. Umumnya karena karet membran booster sudah rusak.

3. Tidak Pakem.

Gejalanya terkadang mobil anda ketika direm masih membutuhkan waktu berapa meter untuk berhenti. Penyebabnya bisa karena kampas rem sudah tipis dan lapisan asbesnya sudah berkurang(Atasi dengan mengganti kampas rem dengan yang baru segera  supaya piringan atau teromol tidak terkikis) atau piston rem yang sudah macet(selidiki setiap roda dan bagian mana saja yang sudah apkir).

4. Lari Kiri Atau Kanan.

Hal ini disebabkan karena piston rem salah satu roda macet. Bukan karena salah menyetel rem. Mirip seperti Nomor 3 tetapi hanya terjadi pada salah satu sisi. Misalnya Piston rem depan kiri macet. Saat pedal diinjak maka rem kanan yang lebih kuat mencengkeram. Otomatis mobil akan membuang ke kanan.

5. Rem Dalam.

Hal ini disebabkan karena kampas rem sudah tipis.Kemungkinan juga terjadi gejala nomor 2. Wajar saja karena gap atau antara kampas dan permukaan piringan atau teromol bertambah, pasti perlu jarak lebih untuk menginjak pedal rem. Lalu kalau sudah ganti kampas masih dalam juga gimana? Ya..itu hanya tinggal setelannya sajayang perlu di lakukan, mungkin ketinggian.

6. Rem Dikocok/Dipompa.

Kemungkinan ada yang bocor sehinggaminyak rem berkurang dan kemasukan angin. Coba cek kebocoran mulai dari master atas,selang sampai master bawah atau kaliper rem. Rembesannya pasti kelihatan. Segeralah Anda perbaiki melalui langkah Bleeding untuk mengeluarkan angin palsu.

7.Pedal Ngelos atau Nyeplos.

Cek juga kebocoran Minyak rem jika habis, berarti rem invalid. Kadang juga tidak ada kebocoran, kalau begitu master atas sudah menggentong. Maksudnya, meski karet dan piston masih bagus, silinder sudah termakan sehingga membentuk celah buat minyak rem untuk menerobos keluar. Segera ganti master silindernya,masalh pasti teratasi.
Previous
Next Post »

4 Responses to "Gejala Kerusakan Pada Rem Mobil"

wayan ariastawan delete 14 Maret 2013 17.37

mau tany nih, say untuk masalah kerusakan pada mobil kurang terlalu mengerti, bisa minta tolong apa aja kerusakan yg ada pada mobil dan apa aja gejala - gejala yg di timbulkan....trimakasih....

oke sama-sama, semoga artikel Gejala Kerusakan Pada Rem Mobil bermanfaat :D

sore rem saya kok masih terkunci ya, padahal piston sudah saya bersihkan dan sudah saya buang minyak rem nya namun masih posisi terkunci, namun apabila sudah dibersihkan posisi normal dan klo sudah berjalan dan sudah dilakukan pengeraman 4 sampai 5 kali dalam perjalanan mobil baru terasa berat kembali, klo begitu masalahnya apa ya? kampas, minyak rem dan piston sudah dibersihkan semua, tolong info nya donk, mks sebelumnya..... mohon referensi bengkel spesialis rem abs Honda civic donk yang ada di bekasi atau bs diemailkan di alamat mbenk_anker@yahoo.com. mks ya atas bantuannya...:)

coba anda cek dibagian master cylindernya kemudian bongkar dan bersihkan master cylinder tersebut :D

Sebelumnya Terima Kasih Telah Berkunjung :D.
Silahkan anda tinggalkan komentar mengenai artikel terkait.
#Komentar Berisi Link akan saya hapus atau di anggap spam. Thanks :D
#Untuk mendapatkan Backlink direkomendasikan berkomentar dengan OpenID.

Terima kasih telah berkomentar :)