Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Bensin Mobil

Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Bensin Mobil - Pompa bahan bakar tipe mekanik dan tipe listrik atau electric ini pada mobil termasuk kedalam katagori sistem bahan bakar.

Sistem Pompa Bahan Bakar Mobil

Karena letak tangki bahan bakar yang lebih rendah dari karburator maka bahan bakar tidak dapat mengalir dengan sendirinya dari tangki bahan bakar ke karburator, untuk mengalirkan bahan bakar tersebut diperlukan pompa bahan bakar. Ada 2 tipe pompa bensin, yaitu tipe mekanik dan tipe elektrik. Pompa bahan bakar tipe mekanik menggunakan diaphragma dan biasa digunakan pada mesin yang menggunakan karburator. Pompa bahan bakar tipe elektrik dipakai pada mesin yang menggunakan sistem EFI.

Jenis Dan Macam-Macam Tipe Pompa Bahan Bakar Bensin Pada Mobil

1. Pompa Bahan Bakar Tipe Mekanik

Pompa bahan bakar tipe mekanik mempunyai sebuah diaphragma yang letaknya tepat ditengah tengah seperti terlihat pada gambar. Sepasang katup yang bekerja dengan arah yang berlawanan, dan dipasangkan dipasangkan didalam pompa. Katup ini digerakkan oleh daya balik diaphragma untuk menekan bahan bakar ke karburator. Diaphragma digerakkan oleh rocker arm yang digerakkan oleh putaran nok camshaft.

Komponen-Komponen Utama Pompa Bahan Bakar Tipe Mekanik


nama komponen utama pompa bahan bakar mekanik
  1. Katup Masuk
  2. Katup Keluar
  3. Diaphragm
  4. Oil Seal 
  5. Pull Rod 
  6. Insulator
  7. Blok Silinder
  8. Rocker Arm
  9. Pegas



Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Tipe Mekanik :

Langkah Hisap

Bila rocker arm ditekan oleh nok, diaphragma tertarik ke bawah, ruang di atas diaphragma menjadi hampa, katup masuk terbuka dan bahan bakar akan mengalir ke ruang diaphragma. Pada saat ini katup keluar tetap tertutup karena tekanan pegas.

Langkah Tekan

Nok (cam) berputar, maka rocker arm akan kembali ke posisi semula sehingga diaphragma didorong ke
atas oleh pegas, akibatnya bahan bakar terdorong melalui katup keluar kemudian mengalir ke karburator. Dalam keadaan seperti ini katup keluar terbuka dan katup masuk tertutup. Tekanan penyaluran pompa sekitar 0,2 s/d 0,3 kg/cm2.

Langkah Pengatur Hasil Pemompaan Atau Idling

Jika bahan bakar yang tersedia pada karburator sudah cukup maka diaphragma tidak terdorong ke atas oleh pegas, dan pull rod berada pada posisi turun. Hal ini disebabkan tekanan pegas sama dengan tekanan bahan bakar. Pada saat ini rocker arm tidak bekerja walaupun camshaft berputar, akibatnya diaphragma diam dan pompa tidak bekerja.

cara kerja pompa bahan bakar mekanik mobil

Catatan Penting Untuk Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Mekanik :

Karena diaphragma akan menjadi buruk bila terkena minyak bensin, blow by gas dan lain-lain. Untuk mencegah hal ini pada pull rod dipasang oil seal. Oil seal ini juga dapat mencegah bensin mengalir ke silinder blok jika diaphragma-nya sobek. Pada bodi pompa juga diberi celah udara (vent hole) yang berfungsi untuk memudahkan menentukan kerusakan atau kebocoran dari diaphragma, disamping itu untuk memudahkan udara keluar pada saat diaphragma tertarik ke bawah. Bila diaphragma sobek bensin akan keluar melalui vent hole tersebut.

2. Pompa Bahan Bakar Tipe Listrik Atau Electric

Pompa bahan bakar tipe listrik (electric fuel pump) menghasilkan tekanan 2 kg/cm2 atau lebih dibandingkan dengan pompa bahan bakar tipe mekanik. Selain itu juga getaran yang terjadi berkurang. Karena tidak digerakkan oleh poros nok, pompa bahan bakar tetap dapat mengirimkan bahan bakar walaupun mesin dalam keadaan mati dan tidak perlu pemasangan langsung pada mesin.

Biasanya pompa ini dipasangkan di dalam tangki (in tank type) atau disekitar saluran bahan bakar (in line type). Bahan bakar ditekan oleh rotor atau turbin. Pompa bahan bakar tipe turbin tidak menimbulkan bunyi dan tidak memerlukan silencer seperti yang digunakan pada tipe rotor.

Nama Komponen Utama Pompa Bahan Bakar Listrik Atau Electric

  1. Relief Valve
  2. Rotor
  3. Armature
  4. Diaphragm Chamber
  5. Silincer 
  6. Check Valve 
  7. Brush
  8. Magnet
  9. Pump Spacer
  10. Roller
  11. Impeller
  12. Casing
komponen utama pompa bahan bakar electric

komponen pompa bahan bakar electric mobil
nama komponen pompa bahan bakar tipe listrik
thumbnail Title: Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Bensin Mobil
Posted by:Ramdani Pratama
Published :2013-04-15T10:37:00+07:00
Rating: 4.5 | Reviewer: 458969 Reviews
Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Bensin Mobil

4 komentar untuk "Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Bensin Mobil"

  1. Terimakasih sudah berbagi artikel ini, salam kenal
    follow me @GUNAWANug

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke thanks udah mampir di artikel Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Bensin Mobil

      Hapus
  2. MAS saya mau copy ko gak bisa, buat tugas ni -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya maaf atas ketidaknyamanannya, tapi ini saya lakukan untuk mengurangi artikel blog ini yg di copas tanpa memberikan sumbernya, nanti saya beri tombol download untuk artikel blog ini yang tidak bisa di copy

      Hapus
Sebelumnya Terima Kasih Telah Berkunjung :D.
Silahkan anda tinggalkan komentar mengenai artikel terkait.
Komentar Anonymous atau Berisi Link akan saya hapus atau di anggap spam. Thanks :D

Untuk mendapatkan Backlink direkomendasikan berkomentar dengan OpenID atau Name/URL.