Prinsip Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Diesel

Prinsip Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Diesel - Pada mesin diesel hanya udara bersih yang dihisap dan dikompresikan. Sebelumnya saya sudah pernah share uraian tentang mesin diesel dan bagaima cara kerja mesin diesel dari mulai langkah hisap sampai ke langkah buang, untuk itu silahkan di simak terlebih dahulu :D.  Bahan bakar dan udara dicampur di dalam silinder dengan cara setelah udara dikompresikan, bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar sehingga terjadi pembakaran. Persyaratan tekanan udara kompresi 1,5-4 Mpa (15-40 bar) sehingga temperatur udara naik 7000C - 9000C. Bahan bakar harus dikabutkan halus, oleh pompa injeksi pada tekanan (100-250 bar).

Ada dua cara penyemprotan bahan bakar kedalam ruang bakar yaitu injeksi langsung dimana injection nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung keruang bakar utama (main combustion chamber) pada akhir langkah kompresi. Udara tertekan dan menerima pusaran cepat akibatnya suhu dan tekanannya naik bahan bakar cepat menguap dan menyala dengan sendirinya setelah disemprotkan.

Cara menyemprotan yang kedua ialah injeksi tidak langsung dimana bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan atau perantara (precombustion chamber). Udara yang dikompresikan oleh torak memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi ditempat bahan bakar yang diijeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir ke ruang bakar utama melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.

Pada sistem bahan bakar mesin diesel, feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahan bakar. Bahan bakar disaring oleh fuel filter dan kandungan air yang terdapat pada bahan bakar dipisahkan oleh fuel sedimenter sebelum dialirkan ke pompa injeksi bahan bakar. Dari pompa injeksi selanjutnya melalui pipa injeksi bahan bakar dialirkan ke injector untuk diinjeksikan ke ruang bakar.

Ada dua tipe pompa injeksi pada sistem bahan bakar diesel yaitu pompa injeksi in-line dan pompa injeksi distributor.

  • Nama Komponen-Komponen Pompa Injeksi In-Line

nama komponen pompa injeksi in-line diesel

Keterangan mengenai gambar diatas :
  1. Fuel tank (tangki bahan bakar)
  2. Fuel line (pipa bahan bakar)
  3. Priming pump (pompa priming)
  4. Feed pump
  5. Water Sedimenter dan Fuel filter
  6. Injection pump (pompa injeksi)
  7. Injection pipe (pipa injeksi)
  8. Injection nozzle (injector)
  9. Over flow pipe (pipa pengembali)

Aliran Bahan Bakar Pompa Injeksi In-Line Pada Mesin Diesel

Berikut ini merupakan diagram aliran bahan bakar pada mesin diesel direct injection dengan pompa injeksi tipe in-line


aliran bahan bakar pompa injeksi in-line diesel

  • Nama Komponen-Komponen Pompa Injeksi Distributor Diesel

komponen pompa injeksi distributor mesin diesel

Keterangan mengenai gambar diatas :
  1. Fuel tank (tangki bahan bakar)
  2. Fuel line (pipa bahan bakar)
  3. Water sedimenter dan fuel filter
  4. Priming pump (pompa priming)
  5. Injection pump (pompa injeksi)
  6. Injection pipe (pipa injeksi)
  7. Injection nozzle (injector)
  8. Over flow pipe (pipa pengembali)

Aliran Bahan Bakar Pompa Injeksi Distributor Mesin Diesel

Berkut ini merupakan diagram aliran bahan bakar pompa injeksi distributor pada mesin diesel :

aliran bahan bakar pompa injeksi distributor mesin diesel

Sekian informasi dan pengetahuan tentang tipe pompa injeksi yang digunakan pada mesin diesel direct injection maupun indirect injection
.
thumbnail Title: Prinsip Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Diesel
Posted by:Ramdani Pratama
Published :2013-06-06T21:06:00+07:00
Rating: 4.5 | Reviewer: 458969 Reviews
Prinsip Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Diesel

3 komentar untuk "Prinsip Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Diesel"

  1. makasih sob atas info'x sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup semoga bermanfaat artikel sistem kerja bahan bakar mesin mobil diesel ini :D

      Hapus
  2. ass, sy mau nanya misalnya kita mau menaikkan tenaga pada kendaraan diesel,colt Diesel,dyna, biasnya klo di pump injeksi apanya yg dstel,,,

    BalasHapus
Sebelumnya Terima Kasih Telah Berkunjung :D.
Silahkan anda tinggalkan komentar mengenai artikel terkait.
Komentar Anonymous atau Berisi Link akan saya hapus atau di anggap spam. Thanks :D

Untuk mendapatkan Backlink direkomendasikan berkomentar dengan OpenID atau Name/URL.